Selasa, 08 Mei 2012

Tugas Organisasi dan Metode (3)


Mengklasifikasikan kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang masuk dalam ruang lingkup organisasi dan metode

Ruang Lingkup Organisasi dan Metode
 A. Sifat dan maksud organisasi dan metode
        Sebelum membahas apa saja yang termasuk dalam ruang lingkup organisasi
 metode, kita akan membahas apa yang menjadi sifat dan maksud organisasi metode.
 Karena ruang lingkup organisasi metode akan menyangkut efisiensi prosedur tata
 cara kerja yang dipakai dalam melaksanakan fungsi fungsi menejemen. Sedangkan
 pengertian organisasi dan metode, antara manajemen , organisasi, dan tata cara
 kerja merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, artinya kalau tata cara
 kerjanya sudah efisien maka diharpkan kegiatan pelaksanaan fungsi fungsi
 manajemen dalam organisasi akan berjalan lancar. Jadi dalam hal ini sifat dan
 maksud organisasi metode adalah pelayanan terhadap manajer dan administrasi
 yang berusaha memajukan tata cara kerja yang dipegunakan untuk pencapaian
 efisiensi yang maksimal pada organisasi tersebut.

 B. Pengertian efisien
        Efisien adalah perbandingan terbalik atau rasionalitas antara hasil yang
 diperoleh ata output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber daya dan waktu
 yang akan digunakan.
 Jika dirumuskan :
 Efisien = output
 input
Efisien harus diperhatikan benar benar karena merupakan syarat dan tujuan
 pada pelaksanaan kerja, sehingga organisasi dan metode sebagai bantuan secara
 teknis dan praktis dalam melaksanakan fungsi manajemen bisa memanfaatkan
 sumber sumber yang tersedia secara maksimal.
Syarat pencapaian efisien dalam organisasi dan metode adalah :
       1.      Pencapaian target haruslah berhasil guna, maksudnya target sesuai dengan
                Waktu yang telah di tetapkan, tetapi mutu dari hasil kerja tersebut juga harus
                diperhatikan.
       2.      Ekonomis artinya dalam pencapaian effective (berhasil guna) penggunaan
                sumber daya (biaya, tenaga, material, peralatan, dan waktu) digunakan setepat
                tepatnya.
       3.      Pelaksanaan kerja bisa dipertanggung jawabkan.
       4.      Harus benar benar mencerminkan pembagian kerja yang nyata karena adanya
                keterbatasan kemampuan perseorangan.
       5.      Rasionalitas wewenang dan tanggung jawab, artinya antara wewenang dan
                tanggung jawab yang dibebankan harus seimbang.
       6.      Prosedur kerja yang praktis, dapat dikerjakan dan dapat dilaksanakan. Hal ini
                untuk mencerminkan bahwa organisasi dan metode adalah kegiatan yang praktis
                maka targetnya adalah efektif dan ekonomis, pelaksanaan kerja dapat
              dipertanggung jawabkan, serta pelayanan yang memuaskan.
Cara peningkatan efisiensi kerja :
         1.      Pelaksanaan fungsi manajemen secara tepat.
         2.      Pemanfaatan sumber daya ekonomi yang tepat.
         3.      Pelaksanaan fungsi fungsi organisasi sebagai alat pencapai tujuan yang setepat
          tepatnya.
         4.      Pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan
                  kemajuan yang berkesinambungan.

C. Ruang lingkup organisasi dan metode
Dengan melihat maksud dan sifat organisasi dan metode merupakan
pelayanan bagi manajer dan addministrasi dalam melaksanakan fungsi manajemen
maka organisasi dan metode merupakan bantuan teknis dan praktis dalam
pelaksanaan teori teori organisasi dan manajemen dengan setepat tepatnya.
Maka dari sifat dan maksud organisasi dan metode dapat dipahami ruang
lingkupnya adalah hal hal yang menyangkut bidang bidang khusus dari organisasi
dan manajemen yang detail dan luas scope nya.
Kegiatan kegiatan yang termasuk kedalam scope organisasi dan metode adalah :
      1.      Analisis organisasi (organization analysis).
      2.      Komunikasi dalam organisasi (communication in the organization).
      3.      Tata cara kerja, prosedur kerja dan sistem kerja (work methods, procedure     and systems).
      4.      Pentingnya filing dari segi organisasi dan metode.
      5.      Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen (record retention     and schedule).
      6.      Pentingnya formulir dari segi organisasi dan metode.
      7.      Pendayagunaan mesin kantor (office machine).
      8.      Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor (office equipment).
      9.      Pentingnya tata ruang kantor dan perencanaan penyusunan ruang kerja (ofiice layout 
             and space planning).
      10.  Pentingnya penulisan laporan dalam organisasi dan metode.
      11.  Pentingnya buku pedoman kerja.
      12.  Pentingnya organisasi dan metode anggaran belanja.
      13.  Analisis kepegawaian.
      14.  Pentingnya penyederhanaan kerja.
      15.  Organisasi unit dalam organisasi dan metode.
      16.  Kesimpulan akhir (final conclusion).

Sesuai dengan perinsip perinsip dalam organisasi dan metode maka
 pembahasan dalam bidang bidang tersebut akan dititik beratkan pada pembahasan
 tentang sistem, prosedur dan tata cara kerjanya dalam kaitannya dengan asas
 efisiensi. Oleh karena itu adanya sistem, prosedur dan tata cara kerja yang tepat
 akan memungkinkan pelaksanaan fungsi fungsi manajemen yang dilakukan top
 manajer juga tepat dan efisien dalam pemakaian sumber sumber daya (alam,
 manusia) maupun penggunaan waktu yang tersedia.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar