Selasa, 08 Mei 2012

Tugas Organisasi dan Metode (3)

Membuat Daur Ulang Organisasi
LATAR BELAKANG

    Perubahan lingkungan strategis dan momentum reformasi birokrasi menuntut seluruh satuan kerja dan seluruh elemen organisasi Pemerintahan, baik di Pusat maupun Daerah untuk bergerak cepat merespon dinamika masyarakat. Organisasi birokrasi dituntut profesional, efektif dan efisien dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran-sasaran strategisnya guna melayani masyarakat.
Restrukturisasi atau daur ulang organisasi merupakan jawaban atas tuntutan dan dinamika di atas, sekaligus merupakan salah satu program strategis dalam Reformasi Birokrasi untuk penataan dan pembenahan organisasi agar selaras dengan visi, misi, tujuan dan sasaran organisasi serta responsif terhadap lingkungan strategis dan dinamika masyarakat.

TUJUAN
Tujuan restrukturisasi organisasi antara lain :
  1. Menyusun format kelembagaan untuk mencapai tingkat kompetensi yang unggul sesuai dengan visi, misi, tujuan, sasaran dan indikator sasaran organisasi.
  2. Menata ulang struktur dan tata kerja unit-unit organisasi untuk mencapai postur organisasi yang right sizing dalam rangka mewujudkan organisasi birokrasi yang profesional, efektif dan efisien dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya.
  3. Mewujudkan kelembagaan yang mampu merespon dinamika kebutuhan masyarakat.

KELUARAN
     Keluaran (output) dari Restrukturisasi adalah Postur Organisasi Birokrasi Instansi Pemerintah Pusat (K/L) dan Daerah (Provinsi, Kabupaten, Kota) yang right sizing, profesional, efektif dan efisien.

HASIL
  Hasil yang dicapai dari kegiatan ini antara lain :
  1. Penguatan kapasitas kelembagaan dengan tingkat kompetensi yang unggul sesuai dengan visi, misi, tujuan, sasaran dan indikator kinerja organisasi.
  2. Peningkatan kapasitas struktur dan tata kerja unit-unit organisasi dengan postur organisasi yang right sizing untuk mewujudkan organisasi birokrasi yang profesional, efektif dan efisien.
Penguatan kelembagaan dalam merespon dinamika kebutuhan masyarakat.

Sumber :


d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar